Selasa, 30 Juni 2009

Persaingan Kedokteran UB (Universitas Brawijaya) Sangat Ketat

Persaingan Kedokteran UB Capai 1 : 1.000

MALANG - Peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Malang tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Jika tahun ''hanya'' sekitar 18 ribuan peserta, tahun ini meningkat menjadi 19.915 peserta. Mulai Rabu besok hingga Kamis lusa, para calon mahasiswa baru (camaba) ini akan bertarung memperebutkan kursi PTN.

Khusus di Malang, kursi PTN yang tersedia untuk jalur SNMPTN ini sebanyak 7.725 kursi. Masing-masing Universitas Brawijaya (UB) 5.028 kursi, Universitas Negeri Malang (UM) 1.617 kursi, dan UIN Maliki 1.080 kursi.



Jika semua peserta ujian memilih PTN di Malang sebagai pilihan pertama, maka bisa dipastikan persaingan masuk tiga PTN yang menerima mahasiswa lewat jalur ini sangat ketat. Jika dirata-rata, per camaba yang ingin masuk PTN lewat jalur ini harus menyingkirkan minimal dua orang. Itu rata-rata kasar. Khusus di fakultas-fakultas tertentu, seperti fakultas kedokteran UB, persaingan bisa mencapai 1 : 1.000-an.

Fakultas dengan persaingan tinggi misalnya, di fakultas kedokteran Universitas Brawijaya. Ada juga fakultas teknik dan fakultas ekonomi, akuntansi, serta hukum untuk program IPS. Di UM, yang menjadi favorit pendaftar adalah fakultas ekonomi, bahasa Inggris dan teknik. Sedangkan di UIN yang paling banyak diminati adalah jurusan informatika.

Sekretaris panitia lokal SNMPTN Malang Sudiono mencontohkan, dari 160 kursi yang disediakan untuk jurusan informatika UIN misalnya, masing-masing kursi diperebutkan sekitar sepuluh pendaftar," terang Sudiono.

Menurut dia, perbandingan tersebut masih belum terlalu besar dibandingkan dengan jurusan favorit lain di PTN yang telah mapan. Yang mana perbandingannya bisa mencapai 1 : 20 lebih. Malahan untuk fakultas kedokteran (FK) perbandingannya bisa mencapai seribuan. "Di UIN Sahid Jakarta, FK sangat tinggi peminatnya," kata Sudiono.

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UB Welmin Sunyiariningsih menambahkan, di UB yang paling tinggi peminatnya adalah fakultas kedokteran. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, satu kursi di FK bisa diperebutkan ribuan pendaftar. "Tahun ini kami kami yakin peminatnya akan semakin tinggi," ujar dia.

Namun dia tidak tahu pasti dari sekitar 30 kursi untuk jalur SNMPTN itu akan diperebutkan berapa orang tahun ini. Karena yang mendaftar tidak hanya dari Malang, tapi banyak yang dari luar Malang.

0 komentar:

Automatic Backlink

Please copy code below to get free backlink, copy this in to your web/blog and after you click it it will automatic displayed in 'Backlink Created', in bottom bar.
Free Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis

Backlink

 
Copyright © . Blogger Pendidikan Keren - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger