Minggu, 28 Juni 2009

PSB (Penerimaan Siswa Baru) Di Banyuwangi

Ini peringatan bagi sekolah yang sedang melakukan persiapan Penerimaan Siswa Baru (PSB). Pihak sekolah harus lebih teliti melakukan seleksi dan penilaian dalam pendaftaran yang dimulai 2 Juli 2009 mendatang.

Pihak sekolah tidak hanya menghitung nilai unas dan UASBN. Panitia juga akan menghitung prestasi akademik dan prestasi non-akademik calon siswa baru. Sebab, faktor prestasi siswa juga ikut menentukan skor dalam PSB kali ini.

Jika mengacu pelaksanaan PSB tahun lalu, ternyata masih ditemukan sertifikat atau piagam penghargaan palsu. Piagam palsu itu dibuat untuk menambah skor dalam PSB.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) pada Dispendikpora Banyuwangi, Catur Pamarto mengatakan, piagam prestasi adalah piagam kejuaraan bidang akademis maupun non-akademis, yang dikeluarkan oleh lembaga atau organisasi yang memiliki wewenang. Tanda tangan dan stempel dalam piagam itu harus jelas. ''Jangan sampai memalsukan tanda tangan dan stempel hanya untuk menambah skor. Sebab, semua itu akan berakibat fatal,'' tegasnya.

Catur menambahkan, apabila calon peserta memiliki lebih dari satu prestasi, maka akan diambil salah satu prestasi yang memiliki skor paling tinggi. Sekolah diberi wewenang penuh untuk melakukan konfirmasi dan validasi piagam tersebut. Selain itu, dalam prestasi bidang non-akademis masih terbagi lagi dalam kategori perorangan dan kelompok. Apabila jumlah peserta sampai lima siswa, skornya 50 persen dari skor prestasi perorangan. Kalau jumlah peserta sampai 10 siswa, skornya hanya 30 persen dari skor perorangan. Jika jumlah peserta lebih dari 10 siswa, maka skornya 20 persen bagi anggota dan 30 persen bagi ketua regu atau kapten.

Dia mengimbau kepada seluruh orang tua siswa dan siswa untuk menggunakan kesempatan PSB kali ini dengan sebaik-baiknya. Mereka diharap tidak menggunakan cara-cara yang bisa merugikan anak didik.

Sekadar diketahui, pendaftaran PSB untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK, akan diselenggarakan mulai tanggal 2, 3, 4, dan 6 Juli 2009. Seleksi pengolahan dimulai tanggal 7 Juli hingga 9 Juli 2009. Pengumuman PSB akan dilakukan serentak tanggal 10 Juli 2009.

Daftar ulang akan diselenggarakan 10-11 Juli 2009. Penerimaan siswa cadangan tanggal 11 Juli 2009. Permulaan ajaran baru dimulai 13 Juli 2009. Persiapan dan pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 13, 14, dan 15 Juli 2009.

0 komentar:

Automatic Backlink

Please copy code below to get free backlink, copy this in to your web/blog and after you click it it will automatic displayed in 'Backlink Created', in bottom bar.
Free Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis

Backlink

 
Copyright © . Blogger Pendidikan Keren - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger