Jumat, 18 Maret 2011

Ciri-Ciri Orang Yang Bertaqwa kepada Allah SWT

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa.

Orang yang bertaqwa adalah manusia yang terpilih, manusia yang paling mulida disisi Allah SWT, bukan Prof., bukan pula Dr., bukan Magister, bukan presiden, gubenur, para menteri, akan tetapi taqwa adalah prestise yang paling mulia disisi Allah SWT.

Taqwa itu mengandung makna adalah hati-hati atau melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT, orang yang bertaqwa berarti orang yang berada dalam fitrahnya, dipimpin oleh petunjuk atau hidayah Allah SWT dan hati nurani dikontrol oleh akal yang sehat dan implementasinya adalah berupa akhlakul karimah karena akhlak merupakan buah dari iman dan ibadah kepada Allah SWT.

Adapun ciri-ciri orang yang bertaqwa diantaranya :
1. Menafkahkan sebagian rizki yang diberikan Allah SWT baik dalam keadaan lapang maupun dalam keadaan sempit banyak atau sedikit, kita rala memberikan harta kita kepada saudara kita yang sangat membutuhkan karena Allah, dengan tidak mengharapkan balasan dari orang lain, yang kita berikan barang atau harta yang kita berikan itu mengandung nilai manfaat bagi yang diberi, berinfaq diwaktu lapang atau sempit memberikan peluang yang kaya dengan kekayaanya yang punya ilmu dengan ilmunya, yang miskin dengan tenaganya, semuanya dalam rangka mencari Ridha Allah.

2. Orang yang menahan amarahnya.
Pada zaman Rasulullah SAW ada seorang sahabat menemui Rasulullah SAW, : “ Ya Rasulullah, saya ingin menghafal hadistmu, coba beritahukan kepadakau satu hadist saja yang tidak terlalu panjang agar aku dapat menghafalnya.” Nabi bersabda : “ Lataghdab “ , jangan marah, nabi menyebutkan hadist ini sampai tiga kali, kenapa ? karena marah itu mengumpulkan segala kejelekan, orang marah dia akan bicara kasar, dan mengucapkan kata-kata kotor , seluruh hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, tenaganya lebih kuat karena orang marah itu telah kemasukan syaithan.

3. Walafina’anin-nas “ Pemaaf kepada sesama manusia “ . Maaf memaaf merupakan salah satu sifat terpuji dan orang yang pertama kali memaafkan kesalahan orang lain adalah menusia yang paling baik . Lawan dari pemaaf adalah pendendam. Bisakab kita bersikap pemaaf kepada saudara kita yang telah menyakiti kita ? jangan sampai saudara kita minta maaf tetapi kita mengatakan tiada maaf bagimu.

4. “ Almuhsinin “ orang berbuat kebaikan kepada orang lain, kepada orang tua, karib kerabat, handai tolan, sesama muslim, artinya kita member manfaat kepada orang lain, karena sebaik-baik manusia adalah orang yang banyak member manfaat kepada orang lain. “ Khair al-naas an fau’uhum li al-naas” sebaik-baik manusia adalah orang yang banyak member manfaat kepada orang lain.
Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bertaqwa, amin .

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber : Mimbar Jum’at Uswatun Hasanah

0 komentar:

Automatic Backlink

Please copy code below to get free backlink, copy this in to your web/blog and after you click it it will automatic displayed in 'Backlink Created', in bottom bar.
Free Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis

Backlink

 
Copyright © . Blogger Pendidikan Keren - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger