Jumat, 03 Juli 2009

PSB / PPDB Di Madura

Seperti diprediksi sebelumnya, peserta penerimaan siswa baru (PSB) hari pertama kemarin membeludak. Namun, itu belum maksimal. Sebab, kebanyakan siswa yang mendaftar adalah lulusan yang punya nilai ujian nasional (unas) "aman" masuk sekolah favorit. Sementara yang punya nilai pas - pasan menunggu hingga hari ini.

Puncak PSB diprediksi terjadi hari ini. Siswa dan orang tua yang masih menunggu perkembangan penerimaan siswa di sekolah favorit yang mulai bergerak hari ini. Demikian juga dengan siswa yang punya nilai "aman" yang tereliminasi di sekolah favorit. Mereka akan mencari celah di sekolah favorit lain yang dinilai setara. Pendaftaran siswa baru sampai 4 Juli.

Kemarin siswa beserta orang tua dan gurunya memadati beberapa sekolah kota favorit. Di SMPN 1 Bangkalan, peserta mulai memadati sekolah sejak pukul 07.00. Meski belum resmi dibuka, antrean sudah terlihat di luar sekolah. "Mereka (peserta PSB, Red) sudah antre sejak pagi. Tapi, saya lihat jumlahnya tak terlalu banyak. Yang lain mungkin masih menunggu perkembangan nilai tertinggi dan terendah yang diterima di sini," ujar Kepala SMPN 1 Bangkalan Rustamadji.




Sekolah yang berlokasi di Jalan Trunojoyo ini sedianya akan menerima siswa untuk ditampung di tiga kelas. "Sebenarnya empat kelas. Tapi yang satu sudah terisi siswa penelusuran bakat," terangnya.

Siswa di tiap kelas yang tersisa diperkirakan sejumlah 120 anak. Hingga kemarin 70 - 80 siswa sudah terjaring. Pengumuman siswa nilai tertinggi dan terendah dilakukan setiap pagi di halaman sekolah.

Suasana jauh lebih padat terlihat di SMPN 2 Bangkalan. Kepala SMNP 2 Edi Hariyadi mengatakan, map PSB hari pertama sudah habis. Bahkan, pihaknya harus menambah lagi map berstempel "gratis" tersebut karena membeludaknya peserta PSB.

"Kami siapkan 500 map dan formulir. Barusan saya dengar panitia mau nambah 100 map lagi. Hari ini (kemarin, Red) banyak. Selanjutnya kita lihat besok (hari ini, Red). Sebab, biasanya ada peningkatan aktivitas pendaftar," terang Edi. SMPN 2 sedikitnya akan menerima 320 siswa untuk delapan kelas yang tersedia.

Untuk SMPN lain di wilayah kota suasana PSB tak terlalu padat. Seperti di SMPN 3 hingga SMPN 7 yang diperkirakan akan menjadi alternatif selanjutnya setelah ada pengumuman nilai tertinggi dan terendah di beberapa sekolah favorit.

Suasana PSB di SMA Bangkalan relatif sama. Padat tapi masih belum mencapai puncak. SMAN 1 dan SMAN 2 adalah sekolah yang paling padat didatangi pendaftar. Sedang SMAN 3 kemungkinan besar baru diserbu pendaftar hari ini. SMAN 4 Unggulan yang baru buka tahun ini sudah dijadikan pilihan pertama oleh sedikitnya 20 siswa pendaftar. Untuk PSB SMA negeri, pendaftar bayar Rp 30 ribu. Sedangkan untuk SMKN Rp 40 ribu.

Menurut pantauan pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, PSB di wilayah kecamatan tak kalah padat dengan di kota. Sebab, di beberapa kecamatan banyak siswa memilih melanjutkan sekolah di tempat asalnya. Sehingga, persaingan mendapat bangku di sekolah kecamatan menjadi lebih berat karena keberadaan unit sekolah yang terbatas.

"Saya sudah meminta beberapa Kasi (kepala seksi) di bidang saya untuk berpencar di kota dan kecamatan. Di kecamatan padat, di kota juga demikian. Mengenai kapan puncak PSB kita ikuti saja," ujar Kabid SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Sugiono.

Untuk kelancaran PSB, Sugiono berharap pihak sekolah bisa mengumumkan nilai terendah dan tertinggi secepatnya. Itu agar siswa pendaftar bisa mengambil langkah selanjutnya jika tidak bisa masuk karena nilainya tidak bisa dipaksakan.

Ada prioritas lainnya selain nilai unas? Dia memastikan tidak ada prioritas selain nilai unas. Anak guru maupun anak pejabat tidak akan mendapat perlakuan khusus karena jabatan yang dimiliki orang tuanya. "Tidak ada yang boleh diprioritaskan selain nilai. Kasihan yang lain yang sudah berjuang masuk dengan nilai yang dimiliki," katanya.


0 komentar:

Automatic Backlink

Please copy code below to get free backlink, copy this in to your web/blog and after you click it it will automatic displayed in 'Backlink Created', in bottom bar.
Free Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis

Backlink

 
Copyright © . Blogger Pendidikan Keren - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger